LOVESTORY

Edukasi

Cincin Nikah di Sebelah Mana? Kiri atau Kanan?

Pertanyaan ini pasti pernah terlintas di pikiranmu, karena banyak orang yang mengenakan cincin dengan dua cara berbeda. Kamu pernah melihat seseorang mengenakan cincinnya di tangan kiri, tapi pernah juga melihat orang lain mengenakannya di tangan kanan.

http://lovary.id/productPerdebatan mengenai letak penggunaan cincin nikah ini memang bisa membuat kepala pusing karena tidak ada habisnya, seperti perdebatan bubur dimakan dengan cara dicampur atau tidak. Banyak pendapat mengenai penggunaan cincin nikah ini di internet. Nah, untuk mengurangi sakit kepalamu kami mencoba memberikan sudut pandang mengenai cincin nikah itu dikenakan di tangan kanan atau kiri. Dan semoga ini akan membuatmu lebih paham mengenai hal ini.

Berdasarkan Sejarah, Cincin Nikah di Sebelah Kiri atau Kanan?

Dipercaya bahwa cinicn nikah ini sendiri pertama kali dikenakan di peradaban Mesir Kuno. Orang-orang Mesir dan Romawi Kuno memiliki kebiasaan untuk mengenakan cincin pernikahan mereka di jari manis tangan kiri, karena dipercaya bahwa jari tersebut memiliki pembuluh darah yang terhubung langsung dengan hati, yang di sebut ‘vena amoris’ atau pembuluh darah cinta. Tapi seirini pengetahuan mengenai tubuh manusia semakin maju, kita pun tahu bahwa tidak ada pembuluh darah seperti itu. Namun, orang-orang tetap menyukai ceritanya karena romantis.

Cincin di zaman dahulu kala menyimbolkan icnta sejati karena bentuknya yang tidak memiliki awal dan akhir. Sementara sejarah mengenai cincin nikah apda pria dimulai sejak adanya Perang Dunia, terutama Perang Dunia II. Karena, seperti yang kamu tahu, lelaki kerap ditugaskan di garis depan yang jauh dari kampung halaman, sehingga cincin nikah ini mengingatkan pada istri dan keluarga. Sekarang, tradisi memakai cinicn nikah untuk pria semakin meluas.

Terdapat berbagai budaya di dunia yang mengenakan cincin nikah di tangan kanan, tapi ada juga yang mengenakan di tangan kiri. Sehingga masalah menjawab pertanyaan ini merupakan hal yang dipikirkan orang-orang di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia. Ada negara-negara seperti Jerman dan Belanda yang mengenakan di tangan kiri, tetapi di Rusia, Kolombia, dan Polandia, mereka memiliki tradisi untuk mengenakan cincin nikah di tangan kanan.

Jadi Cincin Nikah di Sebelah Kiri atau Kanan?

Di Indonesia sendiri, tidak ada kebiasaan yang jelas mengenai cara memakai cincin nikah di sebelah kanan atau kiri. Tidak ada hukum tertulis dan budaya mengenai cincin nikah itu sendiri. Jadi, jawaban dari kebingungan soal memakai cincin nikah di tangan yang mana, maka jawabannya sesederhana ini: tergantung kamu. Bila memang menurutmu lebih nyaman dikenakan di tangan kanan, maka kenakanlah di tangan kanan begitu pula sebaliknya. 

Kalau kamu membutuhkan cincin nikah yang nyaman, Lovary menciptakan cincin dengan ribuan desain yang nyaman, berkualitas dengan harga bersahabat. Temukan koleksi cincin nikahnya disini: Lovary.